Cara Mengganti Cairan Coolant Pada Radiator Yamaha NMAX
Cara Mengganti Cairan Coolant Pada Radiator Yamaha NMAX - Yamaha NMAX, ya salah satu motor skuter matik besutan Yamaha yang dibekali dengan mesin 150 cc responsif dan powerfull. Matik berkapasitas cc mantap tersebut memang jawaban untuk para konsumen yang mendambakan motor matic dengan tenaga mesin mantap dan beda dari motor matic lain.
Jika anda mengetahui fungsi dari air radiator, tentunya anda akan memperhatikan serta rutin dalam perawatan. Fungsi air radiator sendiri yaitu mendinginkan mesin pada saat awal start guna menghindari mesin panas yang berlebihan jika dipakai dalam perjalanan jarak jauh. Terkadang pengguna sepeda motor tidak memperhatikan kondisi dari pada air radiator itu sendiri baik dari segi kuantitas ataupun kualitasnya.
Cairan radiator atau coolant sendiri memiliki peran penting bagi sebuah kendaraan baik mobil ataupun motor. Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa radiator memiliki fungsi untuk menghisap panas lebih dari mesin lewat coolant yang mengaliri water jacket yang ada di bagian head cylinder dan juga silinder.
Suhu panas tersebut kemudian didorong menuju ke radiator lalu melewati pipa kecil yang memiliki cairan coolant didalamnya. Dari sini lah suhu mesin kemudian dinormalkan kembali. Setelah itu, cairan khusus radiator atau coolant yang sudah dingin tersebut akan masuk lagi ke bagian mesin. Mengingat betapa vitalnya peran dari carian radiator atau coolant, ada baiknya kita perlu melakukan pengecekan air radiator secara rutin karena jika kekurangan maka radiator tidak bisa bekerja dengan maksimal
Jika anda mengetahui fungsi dari air radiator, tentunya anda akan memperhatikan serta rutin dalam perawatan. Fungsi air radiator sendiri yaitu mendinginkan mesin pada saat awal start guna menghindari mesin panas yang berlebihan jika dipakai dalam perjalanan jarak jauh. Terkadang pengguna sepeda motor tidak memperhatikan kondisi dari pada air radiator itu sendiri baik dari segi kuantitas ataupun kualitasnya.
Cairan radiator atau coolant sendiri memiliki peran penting bagi sebuah kendaraan baik mobil ataupun motor. Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa radiator memiliki fungsi untuk menghisap panas lebih dari mesin lewat coolant yang mengaliri water jacket yang ada di bagian head cylinder dan juga silinder.
Suhu panas tersebut kemudian didorong menuju ke radiator lalu melewati pipa kecil yang memiliki cairan coolant didalamnya. Dari sini lah suhu mesin kemudian dinormalkan kembali. Setelah itu, cairan khusus radiator atau coolant yang sudah dingin tersebut akan masuk lagi ke bagian mesin. Mengingat betapa vitalnya peran dari carian radiator atau coolant, ada baiknya kita perlu melakukan pengecekan air radiator secara rutin karena jika kekurangan maka radiator tidak bisa bekerja dengan maksimal
- Pertama copot dulu baut cover yang ada pada Yamaha NMAX dengan kunci T8. Jika suda, silahkan buka penutup radiator atas dan copot baut exhaust atau pembuangan air radiator yang terdapat di bagian bawah radiator pakai obeng plus (+), putarlah counter-clockwise.
- Taruh air radiator lama pada wadah, periksa apakah air radiator sudah terbuang semua. Namun untuk coolant pada tabung resevoir tidak akan ikut terbuang karena ditempatkan ditempat berbeda, karena untuk Yamaha NMAX tabung reservoir nya diletakan lebih bawah dari radiator.
- Untuk bisa membuang air coolant di tabung reservoir, silahkan buka selang dibawag tabung tersebut.
- Caranya bukalah cover board rest atau lebih dikenal pijakan kaki, terdapat 4 clipper yang bisa dibuka pakai obeng plus (+). Tusuk bagian tengah pada clipper dan tarik sampai terlepas. Setelah itu, anda bisa melihat tabung reservoir dan bisa mencabut selang dibagian bawah dengan membuka penjepit yang ada pakai tang.
- Lepaskan karet untuk alas pijakan kaki serta cover penutup dan karet penutup tabung reservoir dengan ditarik ke atas hingga terlepas semua.
- Kalau air radiator atau coolant pada tabung reservoir dan radiator sudah terbuang semua, silahkan pasang lagi baut penutup pada lubang pembuangan radiator dan pasangkan lagi selang di tabung reservoir. Sampai disini anda bisa mengisikan cairan coolant baru sampai akan terisi penuh, jangan sampai tumpah dan kebanyakan.
- Setelah itu pasang lagi karet penutup, cover tabung reservoir dan karet pijakn kaki bawah seperti semula. Nyalakan mesin beberapa saat sambil radiator dibiarkan terbuka dan lihat batas ketinggian cairan radiator pada bibir radiator nya. Jika tak berkurang atau malah meluap, silahkan matikan mesin dan tutup kembali radiator nya sampai terkunci. (kalau kesulitan saat akan mengisi uang air radiator lewat lubang radiator, anda bisa buka dulu baut cover disamping pijakan kaki dengan memanfaatkan kunci L).
- Anda bisa memasang lagi komponen yang sudah dilepas ke tempat awalnya.
josss,sek nggawe wong bagus
BalasHapusAku kudu pie lek?
BalasHapusTerimakasih infonya,saya jadi bisa ganti oli sendiri...thanks...
BalasHapusgood good
BalasHapusiki opo e?aku r paham e
BalasHapus